Sejarah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM ) Universitas Islam Riau (UIR) merupakan fakultas ke - sembilan di lingkungan UIR. Lahirnya FIKOM UIR karena tingginya minat masyarakat untuk kuliah bidang Ilmu Komunikasi. Perkembangan Prodi Ilmu Komunikasi sendiri di Provinsi Riau masih terbilang baru. Sementara FIKOM UIR yang menaungi satu Prodi, yakni Prodi Ilmu Komunikasi baru berdiri tanggal 29 Juni 2009 berdasarkan SK Direktur Jenderal Deptemen Pendidikan Nasional tahun 2009.

Alasan berdirinya Prodi Ilmu Komunkasi FIKOM UIR adalah: Pertama, letak Riau yang sangat strategis, selain mudah dijangkau melalui transportasi darat, laut dan udara, Riau juga memiliki potensi alam yang melimpah. Provinsi Riau juga berada pada posisi di tengah-tengah pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Singapore. Hal ini menjadikan provinsi Riau konsentrasi pertumbuhan dunia usaha termasuk di bidang jasa ilmu komunikasi. Kedua, dinamika pertumbuhan teknologi komunikasi, dan industri media massa serta perkembangan bidang Ilmu Komunikasi telah meningkatkan kebutuhan dunia usaha akan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai bidang teknologi dan Ilmu Komunikasi. Selain itu, studi melalui ilmu komunikasi memungkinkan terciptanya insan-insan yang mampu menciptakan peluang kerja (berwiraswasta), seperti di bidang advertising, Production House, dan konsultan public relations. Alasan ketiga adalah minat siswa atau masyarakat untuk melanjutkan studi tentang Ilmu Komunikasi sangat tinggi sementara jumlah perguruan tinggi yang membuka fakultas atau Prodi ilmu komunikasi di Provinsi Riau.

Saat ini FIKOM UIR menyelenggarakan 1 (satu) Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam perkembangannya, FIKOM UIR memiliki 4 (empat) bidang konsentrasi yaitu Humas, Media Massa, Periklanan, dan Manajemen Komunikasi.

FIKOM UIR dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah keislaman disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global. Di masa yang akan datang, FIKOM UIR diharapkan mampu mensejajarkan dirinya dengan Fakultas Ilmu Komunikasi dari universitas terkemuka di Asia Tenggara dalam hal mutu proses pembelajaran dan lulusan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah keislaman sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Visi Program Studi Ilmu Komunikasi

"Menjadi Prodi Ilmu Komunikasi yang Unggul dan Kompetitif, Berwawasan Entrepreneurship, berlandaskan Nilai-nilai Keislaman di Asia Tenggara Tahun 2020"

Visi Prodi Ilmu Komunikasi di atas menekankan pada empat poin penting, yaitu :

  1. Unggul dan Kompetitif mempunyai makna subtantif yang bernilai dan memiliki daya saing tinggi. Keunggulan Prodi Ilmu Komunikasi akan dibangun dari karya-karya akademik yang bersifat subtantif dan mampu berkompetisi di ranah nasional mapun internasional.
  2. Entrepreneurship, yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kreatifitas dan mampu berinovasi di bidang ilmu komunikasi dan memanfaatkan peluang-peluang usaha di industri kreatif.
  3. Nilai-nilai Keislaman, yaitu dalam melaksanakan proses belajar mengajar Prodi Ilmu Komunikasi senantiasa mengedepankan kaedah-kaedah Keislaman
  4. Asia Tenggara, bermakna Prodi Ilmu Komunikasi mampu berkiprah di tingkat nasional dan internasional khususnya Asia Tenggara. Asia Tenggara di sini adalah Negara-negara yang bertetangga dalam wilayah serumpun di kawasan Asia Tenggara.

Misi Program Studi Ilmu Komunikasi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan menciptakan inovasi baru.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai tanggungjawab sosial kemasyarakatan.
  4. Menyelenggarakan dakwah Islamiyah dan mengintegrasi nilai-nilai keislaman dan ilmu pengetahuan.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dalam bidang ilmu komunikasi dengan lembaga pemerintah dan swasta tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Ilmu Komunikasi

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan memperkuat daya saing Prodi Ilmu Komunikasi di Kawasan Asia Tenggara.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan karya-karya ilmiah dan produk penelitian yang berkualitas dibidang ilmu komunikasi.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang mampu mendorong potensi SDM dan SDA dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan di bidang Ilmu komunikasi yang unggul, kompetitif di tingkat nasional dan internasional, berjiwa entrepreneur dan berbudi pekerti luhur, serta bertakwa kepada Allah SWT.
  5. Menyelanggarakan kerja sama dalam bidang ilmu komunikasi dengan lembaga pemerintah dan swasta ditingkat nasional maupun internasional.

Sasaran Ilmu Komunikasi

  1. Membentuk ilmuwan/konseptor ilmu komunikasi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,yang memiliki standar kompetensi dengan menjunjung tinggi nila-nilai integritas.
  2. Dihasilkan lulusan yang unggul yang memiliki integritas moral,kepempimpinan dan berjiwa entrepreneurship.
  3. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkontribusi bagi pengembangan pendidikan dan kehidupan masyarakat serta pemberdayaan kepada masyarakat
  4. Tersedia sarana prasarana untuk terselenggaranya pengajaran berbasis multimedia
  5. Terjalinnya hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi dan stakeholder

Rekam Jejak Dosen Ilmu Komunikasi

NAMAREKAM JEJAK
 Dr. Abdul Aziz, MSi  Download
 Al Sukri, M.I.KOM  Download
 Cutra Aslinda, M.I.Kom  Download
 Dyah Pithaloka, M.Si  Download
 Eka Fitri Qurniawati, M.I.Kom  Download
 Eko Hero, M.I.Kom  Download
 Muhd Ae Imam Riauan, S.Sos, M.I.Kom  Download
 Tessa Shasrini, M.HRD  Download
 Yudi Daherman,M.I.Kom  Download

Tabel Daftar Dosen Ilmu Komunikasi

Lihat Detail Tabel