Komunikasi 02 Agus 2016

Tim Akreditasi BAN-PT Visitasi Prodi Ilmu Komunikasi UIR

Universitas Islam Riau - Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Islam Riau (UIR) mendapat kunjungan dari Tim Asesor Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Selasa (2/8).Tim Asesor terdiri dari Dr. Catur Suratnoaji, M.Si dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur dan Dr. Syaiful Rohim, M.Si dari Univeritas Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA) Jakarta. Kedatangan tim Asesor ini adalah dalam  rangka visitasi lapangan serta  pengecekan data yang borangnya telah diajukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UIR kepada BAN-PT sebelumnya.

Kedatangan Tim Asesor BAN-PT ke FIKOM UIR disambut langsung oleh Rektor UIR  Prof. Dr. H. Detri Karya, SE., M.A, Wakil Rektor I Dr. Nurman, S.Sos., M.Si, Wakil Rektor II Ir. Asrol, M.Ec, Dekan FIKOM  Dr Abdul Aziz, M.Si besrta jajaranya dan Kepala Biro dilingkungan UIR.

Rektor UIR sangat mengapresiasi akan kedatangan Tim Asesor BAN-PT. Ia juga mengharapkan adanya peningkatan nilai dan kualitas dari Prodi Ilmu Komunikasi UIR.

Dalam sambutannya, Rektor menegaskan komitmen UIR untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu bentuknya adalah meningkatkan nilai akreditasi yang masih dibawah standar. "Kita terus meningkatkan mutu pendidikan. Saat ini kita sudah mengajukan reakreditasi pada program studi yang nilai akreditasinya masih “C” yakni Teknik Informatika yang baru saja melakukan Re-Akreditasi dan Ilmu Komunikasi yang hari ini akan divisitasi,  dengan harapan mendapatkan hasil yang terbaik sehingga lulusan kita akan semakin mudah diterima di dunia kerja " papar Rektor.

Dekan FIKOM pada sambutannya menyampaikan optimisme bahwa hasil terbaik akan diraih pada re-akreditsi ini, melihat perubahan dan peningkatan yang telah dicapai FIKOM UIR. Seperti dari sarana prasana gedung, peralatan labor, tambahan staf pengajar, layanan kepada mahasiswa, meningkatnya jumlah mahasiswa dan para alumni yang telah berhasil.

Dari 36 Program Studi di lingkungan UIR termasuk Program Studi di Pascasarja, 90% sudah terakreditasi dengan nilai B dan A. Hal ini menunjukkan mutu  pendidikan di UIR sudah sangat baik.

Tim Asesor, Dr. Catur Suratnoaji, M.Si menyampaikan, kedatangan mereka ke UIR hanya memverifikasi bukti-bukti yang berupa dokumen dari borang akreditasi yang diajukan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi ke BAN-PT. “Saya senang melihat  dengan kemajuan yang sangat signifikan di Prodi Ilmu Komunikasi UIR. Mulai dari Sarana Prasarana, Alumni, dan Kontribusi Alumni ” tuturnya.

Akreditasi merupakan status dimana perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini BAN-PT.

 

[ Humas-UIR ]