Komunikasi 03 Sept 2015

KEGIATAN MAHASISWA

A. Kegiatan Kemahasiwaan
Fakultas Komunikasi UIR berupaya mengembangkan pribadi mahasiswa melalui jalur kurikuler dan ekstra kurikuler. Kegiatan kurikuler berlangsung didalam kelas, laboratorium, perpustakaan, dan sebagainya. Sementara kegiatan ekstra kurikuler dilakukan melalui kegiatan organisasi, kepanitiaan, penelitian, diskusi, keagamaan, jurnalistik, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan itu sebagian diselenggarakan oleh lembaga kemahasiswaan, dan sebagian lainnya diselenggarakan oleh fakultas. Kegiatan fakultas yang menjadi andalan adalah pengembangan penalaran dan penelitian, untuk keperluan itu akan diupayakan melakukan diskusi-diskusi terjadwal (sekali 3 bulan). Diskusi ini dilakukan dengan teknik Call paper, yaitu mengundang mahasiswa untuk menulis dan mempresentasikan makalah-makalah dengan topik Komunikasi, dan makalah-makalah yang dipresentasikan dianjurkan dikirimkan ke media massa (setidaknya Tabloid milik Kampus UIR sendiri). Kegiatan lain yang menjadi andalan adalah penelitian mahasiswa. Berbagai upaya dilakukan seperti pelatihan metodologi penelitian, serasehan, karya tulis, presentasi proposal, pembimbingan, terjun dalam lomba penelitian dan sebagainya.

 

B. Kegiatan Alumni
Untuk memperkuat alumni agar dapat mengamalkan ilmunya lebih lancar, ada beberapa persiapan yang diberikan kepada alumni. Dalam kegiatan ini diharapkan wawasan tentang dunia kerja serta kemampuan teknis menjelang dan awal masa kerja dapat dimiliki alumni. Salah satu hal yang dapat diwujudkan adalah alumni dari Fakultas Ilmu Komunikasi menyatu ke dalam Ikatan Alumni Universitas Islam Riau, serta Ikatan Alumni Universitas Islam Riau. Dimana ikatan semacam ini berguna untuk menjalin kemunikasi antar alumni serta antara alumni dengan fakultas maupun universitas. Dengan ikatan alumni diharapkan dapat dikuatkan kemampuan professional alumni Universitas Islam Riau.

 

C. Penghargaan Terhadap Prestasi Mahasiswa
Program Komunikasi diharapkan dapat dijadikan tempat penggodokan (kawah candradimuka) untuk menuai prestasi. Upaya yang dilakukan fakultas melalui Fakultas adalah memberi dukungan, dorongan, penghargaan dan dalam batas tertentu memberikan fasilitas. Salah satu upaya yang dilakukan Fakultas Komunikasi adalah memberikan penghargaan kepada mahasiswa, berupa; mahasiswa teladan/berprestasi utama, mahasiswa berprestasi bidang penelitian dan karya tulis ilmiah, mahasiswa berprestasi bidang komunikasi, mahasiswa berprestasi bidang kesenian, mahasiswa berprestasi bidang olahraga, dan lain-lain.

 

D. Syarat Umum Dalam Pemberian Penghargaan
a. Terdaftar aktif sebagai mahasiswa Fakultas Komunikasi UIR.
b. Bahan-bahan prestasi yang dinilai adalah prestasi yang dicapai dalam satu tahun terakhir sebelum pemberian penghargaan.
c. Mahasiswa mendaftarkan kegiatan dan bahan-bahannya kebagian kemahasiswaan dan alumni UIR, atau melalui tata usaha Fakultas UIR.

 

E. Syarat Khusus Dalam Pemberian Penghargaan
a. Penghargaan bagi mahasiwa teladan/berprestasi utama diberikan kepada mahasiswa yang memiliki IPK tinggi, memiliki karya tulis, aktif dalam berbagai kegiatan ekstra kurikuler dan mampu berbahasa inggris.
b. Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dibidang penelitian/karya tulis ilmiah diberikan kepada mahasiswa yang memiliki karya tulis ilmiah melalui riset pustaka dan riset lapangan, dan atau yang meperoleh penghargaan dari lomba karya tulis ilmiah, dan atau aktif menjadi staf/asisten penelitian.
c. Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dibidang komunikasi/publikasi diberikan kepada mahasiswa yang memiliki tulisan di media masa (lokal/nasional) dan atau makalah yang dipresentasikan dalam kegiatan ilmiah/pengabdian masyarakat dan atau pendapat-pendapatnya dikutip oleh media masa.
d. Pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dibidang kesenian diberikan kepada mahasiswa yang memiliki karya seni, dan atau memenangkan lomba/memperoleh penghargan dibidang kesenian, aktif dalam bidang kesenian.
e. Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi bidang olah raga diberikan kepada mahasiswa yang memenangkan lomba/pertandingan olahraga.
f. Penghargaan yang diberikan setiap tahunnya ini hanya diberikan apabila mahasiswa benar-benar berprestasi dalam bidang-bidang tersebut, adapun penghargaan diberikan pada setiap acara Dies Natalis Univesitas Islam Riau.

 

[ ]